Bivariat Analisis


analisis bivariat
A.     Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dengan jenis pekerjaan yang dimiliki
1.      tingkat pendidikan → indep.v
jenis pekerjaan → dep.v
2.      pendidikan → didik
jenis pekerjaan → kerja
3.      didik → kategorik
pekerjaan → kategorik
4.      uji → uji chi-square. Makin tinggi tingkat pendidikan makin tinggi jenis pekerjaan. HO pengujian adalah tidak ada perbedaan proporsi ibu yang memiliki perkejaan antara ibu yang tamat SD,SLTP,SLTA dan Perguruan Tinggi.
5.      uji baca
Pekerjaan Ibu Responden * Pendidikan Formal Ibu Crosstabulation


Pendidikan Formal Ibu
Total


BH/SD
SLTP
SLTA
P.Tinggi
Pekerjaan Ibu Responden
PNS
1
14
78
1822
1915
Swasta
1
176
1002
805
1984
Wiraswasta
6
227
919
398
1550
Pedagang
17
354
713
97
1181
Buruh/T/N
139
197
87
6
429
Lain2
46
140
680
140
1006
Total
210
1108
3479
3268
8065


Chi-Square Tests

Value
df
Asymp. Sig. (2-sided)
Pearson Chi-Square
5.637E3a
15
.000
Likelihood Ratio
5.110E3
15
.000
Linear-by-Linear Association
2.280E3
1
.000
N of Valid Cases
8065


a.       0 cells (.0%) have expected count less than 5. The minimum expected count is 11.17.


1.      Kesimpulan
P < 0.005 maka HO di tolak. Itu berarti “ Ada perbedaan proporsi ibu yang memiliki perkejaan antara ibu yang tamat SD,SLTP,SLTA dan Perguruan Tinggi.
Dari hasil uji chi-square di atas di dapatkan bahwa makin tinggi tingkat pendidikan maka makin tinggi pula jenis pekerjaan yang di miliki. Ini di tandai dengan jumlah sample yang berpendidikan Perguruan Tinggi memiliki jenis pekerjaan sebagai PNS berjumlah 1822 ibu.

Komentar

Postingan Populer